Bisnis Dengan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula

Bisnis Dengan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Pemula

Bisnisholic.web.id – Di era teknologi yang semakin canggih ini, Anda tidak perlu menyiapkan modal yang mahal untuk memulai sebuah bisnis. Dengan bisnis modal murah meriah Anda sudah mewujudkan keinginan untuk mempunyai bisnis sendiri.

Semua orang tentu ingin mempunyai bisnis atau usaha sampingan, bukan?. Namun, terkadang semua itu tidak dapat diwujudkan karena terhalang oleh modal yang tidak cukup. Padahal untuk memulai sebuah bisnis tidak harus dengan modal yang besar. Dengan modal murah meriah Anda sudah bisa mempunyai usaha sampingan.

Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa Anda jalani hanya dengan modal murah meriah dan bisa Anda lakukan di rumah, lo! Bicara soal jenis usaha sampingan, apa saja bisa jadi usaha kok, terlepas apakah itu barang, jasa, atau apapun. Hanya saja, ada baiknya jika Anda memahami lebih dalam seputar usaha yang ingin dijalani.

Bisnis Modal Murah Meriah yang Cocok Untuk Pemula

Usaha sampingan memang sangat menarik untuk dijalani. Umumnya, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini karena memang sebatas hanya sebagai usaha sampingan atau penghasilan tambahan saja.

Nah, berikut ini alasan kenapa Anda harus mencoba bisnis sampingan, diantaranya:

1. Uang Tambahan

Untuk Anda seorang pegawai kantoran, untuk memenuhi kebutuhanmu selama sebulan penuh dengan gaji pas-pasan tentunya tidak cukup. Belum lagi biaya keperluan lain seperti nongkrong bersama teman kantor atau kalau ada barang yang Anda inginkan bisa segera didapatkan.

Nah, jika mempunyai waktu luang Anda bisa memanfaatkan waktu dengan memulai sebuah bisnis. Memiliki bisnis sampingan bisa menambah pundi-pundi rezeki untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, uang tambahan ini bisa juga digunakan untuk tabungan masa depan Anda dan keluarga.

Baca Juga : Tips Membangun Kepercayaan Saat Berbisnis

2. Persiapan Pensiun

Untuk para pekerja swasta, pertimbangan untuk memiliki rencana pensiun memang sangat diperlukan. Dengan mempunyai usaha sampingan, rencana hari tua akan menjadi lebih mudah dipenuhi karena akan sangat terbantu ketika Anda menginjak usia lanjut nanti.

Bisnis modal murah meriah ini bisa Anda jadikan sebagai penyambung hidup atau hanya sekedar mengisi aktivitas masa tua. Pasalnya, aktivitas harian pasca pensiun diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

3. Aktualisasi Diri

Saat mengalami kebuntuan dan jenuh dalam menjalankan pekerjaan di kantor, atau Anda merasa bahwa pekerjaan di kantor saat ini tidak sesuai dengan passion yang dimiliki, maka bisnis modal murah meriah bisa jadi usaha sampingan untuk menyegarkan pikiran.

Proses ini dinamakan aktualisasi diri, namun perlu diingat bahwa kadang-kadang pelajaran ini datang dari kegagalan. Namun, jangan takut untuk gagal karena sejatinya kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

Usaha Sampingan untuk Pemula

Nah, berikut ini beberapa usaha sampingan yang cocok untuk pemula, diantaranya:

1. Pulsa Elektrik

Usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu, Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Kalau bicara bisnis pulsa, jangan pernah beranggapan bahwa kita harus punya banyak handphone dan banyak deposit.

Padahal, dengan bisnis pulsa Anda tidak perlu modal yang besar, hanya membutuhkan satu handphone saja sudah bisa langsung memulai bisnis. Ditambah lagi dengan waktu yang fleksibel, Anda bisa berjualan pulsa dimana dan kapan saja.

Bagaimana cara menjadi agen pulsa elektrik ini? Tiap provider pulsa elektrik punya ketentuan yang berbeda. Umumnya, Anda cukup mendaftar dan melakukan deposit saja. Kemudian, saldo bisa digunakan untuk transaksi semua produk.

Untuk mendaftar sebagai agen pulsa, Anda bisa menggunakan formulir pendaftaran atau kirim SMS dengan format yang sudah ditentukan.

2. Desain Grafis

Bisnis jasa desain grafis adalah salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal yang banyak. Bisnis ini bisa dijalankan sebagai sampingan ataupun dijalankan sebagai bisnis utama seseorang. Selain itu, bisnis ini sangat menguntungkan dan prospeknya pun jangka panjang.

Saat ini dunia desain grafis memang semakin popular karena seringkali berhubungan dengan bisnis lainnya. Banyak orang membutuhkan jasa desain untuk keperluan tertentu, misalnya butuh desain logo untuk bisnis, keperluan desain rumah minimalis dengan memakai jasa desain interior rumah, desain kartu nama, dan desain grafis lainnya.

3. Penerjemah

Manfaatkan keahlian berbahasa asing dengan menawarkan jasa penerjemahan akan sangat menguntungkan buat Anda. Penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan relatif mahal tarifnya.

Nah, untuk Anda pemula yang ingin mencoba usaha sampingan ini, sebaiknya Anda bisa memulainya dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

Modal yang diperlukan juga relatif mudah dan murah, cukup dengan laptop dan koneksi internet saja. Internet adalah modal utama yang sangat penting dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Lokasi kerjanya pun fleksibel. Bisa di kantor, di kafe, di rumah, atau di manapun.

4. Jasa Titip Beli (Jastip)

Bisnis jasa titip beli sedang populer belakangan ini, dengan kemajuan teknologi sekarang ini bisnis ini menjadi peluang yang cukup menguntungkan untuk Anda yang mempunyai waktu luang. Artinya Anda akan melakukan bisnis ini secara online.

Anda hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah. Lumayan banget, kan?

Usaha ini banyak dijumpai di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Untuk itu, sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial guna menarik perhatian para calon pembeli. Dengan bisnis jasa titip beli ini, Anda harus sering update barang-barang baru ya.

5. Menjual Aneka Kue

Untuk Anda yang menyukai atau memiliki hobi membuat kue, maka ide berikut adalah ide yang paling cocok untuk Anda. Pasalnya, Anda bisa menghasilkan uang dari hobi yang disukai.

Anda bisa memulainya setelah pulang dari kantor, bisa dijual pada keesokan harinya di kantor atau kepada tetangga sekitar tempat tinggal. Akan sangat menyenangkan jika setiap sore bisa melakukan hobi serta mendapatkan penghasilan pula, kan?

Kue yang dijual bisa dalam bentuk kue basah seperti brownies kukus, bika ambon, dadar gulung, banana cake, bolu coklat, lapis legit, klepon, apem, onde-onde, dan kue cucur.

Kue kering pun juga tak kalah banyak, misalnya walnut cream cheese, sandwich coklat mint, nastar nanas, putri salju, cookies lemon, dan kukis selai kacang coklat. Untuk variasi resep, Anda bisa melihat di internet.

Related posts