Bertahan-Dan-Membangun-Bisnis-Di-Tengah-Pandemik

Bertahan Dan Membangun Bisnis Di Tengah Pandemik

bisnisholic – Pandemi membuat roda perekonomian melambat. Akibatnya, banyak wirausaha harus rela gulung tikar ketimbang harus merugi terus. Tak hanya bagi pelaku bisnis kecil saja yang terdampak, sama halnya dengan bisnis besar. Hal itu dikarenakan perubahan situasi yang cepat karena banyak orang harus di rumah saja.

Nah, bagi kamu yang masih mengeluti bisnis di tengan pandemi, boleh terapkan beberapa tips berikut agar bisnismu bisa bertahan selama pandemi.

Rencanakan keuangan secara tepat

Segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan lancar dengan perencanaan yang matang. Hal yang sama juga berlaku untuk arus kas usaha.

Buatlah perencanaan keuangan yang tepat selama pandemi. Mulai dari jumlah uang yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, arus penggunaan uang, dan lain sebagainya.

Selain tepat, perencanaan keuangan juga harus dibuat dengan sangat mendetail. Berikan keterangan mengenai arus penggunaan uang tepat di samping kolom nama-nama pengeluaran.

Dengan begitu, kamu tahu kemana arah keuangan untuk bisnismu. Jika ada beberapa pengeluaran yang tidak diperlukan, lebih baik ditutup untuk menambah omzet untuk bisnismu.

Baca Juga :Tips Membuka Bisnis Usaha Percetakan

Buat bisnis lain

Membuat bisnis lain bisa jadi menjadi penolong bisnis utama kamu. Namun, dalam pemilihan bisnis lainnya, kamu perlu mengetahui peluang bisnis lain tersebut. Bisnis yang memang sedang dibutuhkan selama pandemi ini, masker kain misalnya.

Dengan begitu, kamu memiliki dana cadangan jikalau bisnis utamamu mengalami penurunan selama pandemi.

Beralih ke digital

Saat ini banyak orang enggan untuk keluar rumah, mereka lebih baik memesan sebuah produk maupun jasa melalui daring atau secara online. Nah, hal itu bisa kamu manfaatkan untuk beralih ke ranah digital.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki bisnis pakaian yang memiliki toko, kamu bisa jual produk kamu melalui online. Mulai berjualan ke marketplace sampai media sosial. Memanfaatkan dunia digital bisa menjadi solusi biar bisnis kamu tetap bertahan selama pandemi.