HR Pengelolaan Cerdas Untuk Kesuksesan Manajemen Perusahaan

HR Pengelolaan Cerdas Untuk Kesuksesan Manajemen Perusahaan

bisnisholic.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai HR Pengelolaan Cerdas Untuk Kesuksesan Manajemen Perusahaan Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai HR Pengelolaan Cerdas Untuk Kesuksesan Manajemen Perusahaan

Penggunaan Software HR di Perusahaan
Software HR ini sudah cukup banyak digunakan oleh berbagai perusahaan untuk membantu dalam administrasi data pegawai. Apalagi di zaman yang serba digital ini, semua pekerjaan sebisa mungkin dibantu oleh komputer. Hingga saat ini, penggunaan Software HR semakin banyak, terutama di perusahaan menengah dan besar. Software atau aplikasi ini bertujuan untuk membantu divisi HR dalam melakukan pengelolaan data statis maupun data kinerja para karyawan perusahaan. Kemampuan aplikasi ini dalam membantu perusahaan untuk mengelola data informasi karyawan tentu akan sangat bermanfaat untuk kinerja divisi HR. Karena waktu kerja divisi HR lebih banyak habis untuk urusan administrasi, maka dengan menggunakan aplikasi ini, waktu yang digunakan untuk mengurus administrasi akan jauh lebih efisien. Dengan begitu, divisi HR pada akhirnya bisa lebih fokus untuk menjalankan pekerjaan lainnya yang lebih prioritas.

Tugas-tugas HRD yang dapat dialihkan pada Software HR
Aplikasi HR memang dirancang khusus untuk membantu berbagai tugas divisi HR. Bahkan mulai dari membuat perencanaan pengelolaan SDM, beberapa aplikasi dapat membantunya. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menyimpan data karyawan, aplikasi tanya jawab antar karyawan dengan HRD, pembuatan laporan kerja, rekap data kehadiran, menyimpan riwayat kinerja karyawan, pengembangan kompetensi karyawan, hingga membantu dalam sistem rekrutmen dan penggajian. Berikut ini merupakan tugas-tugas HRD yang dapat dialihkan pada penggunaan aplikasi HR:

1. Salah satu tugas HR yang paling menantang dan turut menentukan nasib perusahaan adalah proses rekrutmen karyawan. Dengan menggunakan aplikasi HRD, maka kini divisi HR tidak perlu disibukkan dengan kertas-kertas surat lamaran. Selain itu, divisi HR juga tidak perlu melakukan review lamaran yang masuk satu persatu, mengelompokkannya ke dalam jenis-jenis pekerjaan, dan memastikan datanya ada pada saat dibutuhkan. HR dapat memanfaatkan situs lowongan kerja yang akan mempermudah tracking data kandidat. Mulai dari kandidat baru melamar, hingga mereka diterima sebagai karyawan.

Baca Juga : Ini Bisa Jadi Target Marketing Anak Muda

2. Tugas divisi HR yang tidak kalah menyita waktu adalah melakukan monitoring absensi karyawan. Apalagi jika perusahaan menerapkan tunjangan kehadiran atau denda keterlambatan, pasti akan menyita lebih banyak waktu dan merepotkan. Dulu penggunaan mesin absensi karyawan harus dipantau setiap hari. Namun saat ini absensi karyawan menjadi lebih aktual karena bantuan alat-alat yang canggih dan penggunaan aplikasi HRD yang modern.

3. Sebelum adanya HR Software yang canggih dan modern, setiap karyawan yang ingin mengajukan cuti harus mengisi formulir khusus dan mengajukannya kepada HR. Cara tersebut telah dipandang membahayakan karena formulir tersebut dapat mudah hilang sehingga menyulitkan HRD. Dengan adanya software ini, maka akan memungkinkan karyawan dapat mengajukan cuti secara online.

4. Risiko human error sangatlah tinggi jika menghitung penggajian karyawan dengan cara konvensional. Namun sekarang HRD dapat menggunakan software seperti untuk perhitungan gaji secara online, dan lain sebagainya.

Related posts