Keuntungan Penggunaan Software HRD Indonesia

Keuntungan Penggunaan Software HRD Indonesia

bisnisholic.web.id Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Keuntungan Penggunaan Software HRD Indonesia Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Keuntungan Penggunaan Software HRD Indonesia

Software HRD Indonesia telah banyak berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Karyawan sebagai aset utama yang sekaligus menjadi kunci performa perusahaan. Manajemen karyawan menjadi tanggung jawab pelaku HR di perusahaan-perusahaan tersebut.Peran HR di perusahaan tidak hanya mencakup urusan administrasi personalia yang meliputi hal-hal seperti pencatatan data-data karyawan, manajemen absen, manajemen cuti, manajemen lembur, hingga mencakup penggajian karyawan setiap bulannya. Peran HR di perusahaan jauh lebih penting dari itu.

Seiring dengan perkembangan terknologi kini administrasi personalia tersebut dapat diselesaikan dengan mudah dengan menggunakan software HRD Indonesia. Pelaku HR di perusahaan tidak perlu untuk menggunakan pencatatan konvensional dengan menggunakan metode manual (paperwork) atau pun spreadsheet. Dengan adanya pengembangan sistem aplikasi software HRD Indonesia yang berbasikan web semakin mempermudah pengelolaan administrasi personalia di perusahaan. Berikut 5 keuntungan utama penggunaan software HRD Indonesia bagi perusahaan.

Meminimalisasi Biaya (cost)
Penggunaan software HRD Indonesia akan membantu perusahaan untuk meminimalisasi biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Dengan adanya software HRD tentunya perusahaan tidak perlu untuk merekrut admin HR dengan jumlah yang banyak. Hal ini akan berdampak positif bagi pengurangan biaya perusahaan setiap bulannya.

Efektivtas Waktu
Dengan menggunakan software HRD Indonesia, tim HR perusahaan juga akan menghemat waktu bekerja mereka. Efektivitas waktu akan menjadi jauh lebih baik, pengerjaan administrasi personalia perusahaan akan terselesaikan dengan cepat dan akurat, karena semua sudah dilakukan dengan menggunakan sistem secara otomatis.

Meminimalisasi Error
Terdapat kemungkinan error yang tinggi jika pekerjaan manajemen administrasi yang dilakukan dengan metode manual. Dengan penggunaan software HRD Indonesia manajemen administrasi seperti database tentunya akan terkelola dengan baik dan rapih. Hal ini dapat meminimalisasi error dan meningkatkan efektivitas kerja di perusahaan itu sendiri.

Mempermudah Akses Informasi
Penggunaan software HRD Indonesia akan mempermudah akses informasi karyawan di perusahaan. Dengan adanya software HRD ini karyawan akan terlibat secara aktif untuk mengetahui dan menambahkan informasi yang berkaitan tentang pribadinya di perusahaan. Hal ini akan meningkatkan rasa kebanggan karyawan kepada perusahaan, tidak adanya batasan bagi mereka untuk mengetahui perihal personalia mereka, seperti waktu cuti, perkembangan performa, dan sebagainya. Hal ini pastinya akan membantu meningkatkan tingkat retensi karyawan dan meminimalisir turnover karyawan di perusahaan Anda.

HR Bukan Sekedar Personalia
Seiring berjalannya waktu, kini tugas pelaku HR perusahaan bukan hanya mengurus bagian personalia tetapi jauh lebih dari itu. Tugas utama HR adalah memanajemen karyawan sebagai aset utama perusahaan. Hal ini meliputi perencanaan strategi, rekrutmen, retensi karyawan, pengembangan karyawan, dan hal lainnya diluar administrasi personalia. Dengan penggunaan software HRD Indonesia di perusahaan Anda akan meminimalisasi waktu yang dihabiskan admin HR untuk mengurus bagian personalia karyawan. Dengan ini pelaku HR akan fokus ke hal lain yang jauh lebih penting dari sekedar mengurus bagian administrasi personalia.

Alasan Pentingnya Menggunakan Software HRD
1. Perusahaan di Indonesia cenderung memiliki karyawan dalam jumlah yang banyak. Kecenderungan memiliki jumlah karyawan yang banyak akan berdampak pada human error saat melakukan aktivitas administrasi. Software HR merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi hal ini. Dengan penggunaan software, perusahaan di Indonesia dapat lebih meminimalisasi tingkat human error.

2. Di era sekarang, kebanyakan perusahaan di Indonesia melakukan perkembangan yang sangat cepat. Oleh karena itu, tingkat perkembangan bisnis perusahaan harus dibarengi dengan adanya sistem yang dapat memanajemen SDM sesuai dengan perkembangan perusahaan. Salah satunya adalah penggunaan software terbaik.

3. Saat ini, semua hal sudah dapat didigitalisasikan, sama halnya seperti administrasi karyawan. Perusahaan tidak perlu lagi untuk melakukan metode manual (paperwork), karena semua sudah dapat dikerjakan secara digital.

4. Peraturan dan kebijakan pemerintah terkadang akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Hal ini tentu saja akan berkaitan dengan administrasi perusahaan. Jika perusahaan tidak melakukan penyesuaian terhadap perubahan peraturan dan kebijakan tersebut, maka akan berdampak buruk bagi perusahaan tersebut.

Penerapan Software HRD di Perusahaan
Penerapan aplikasi HR mencakup semua pekerjaan HRD mulai dari absensi, data karyawan, penggajian, hingga talent management. Semua pekerjaan yang semula dikerjakan dan diinput secara manual, kini dapat diproses secara otomatis oleh aplikasi HR.

1. Jika dulu perusahan menggunakan kertas/buku/kartu untuk mendata kehadiran karyawan, kini perusahaan hanya perlu menarik data kehadiran menggunakan aplikasi dari mesin absensi seperti fingerprint scanner dan Radio-frequency identification (RFID).

2. Pengajuan dan persetujuan cuti atau izin kerja kini dapat diproses secara lebih mudah melalui aplikasi. Karyawan dapat mengajukan cuti atau izin tanpa harus meminta dan mengisi formulir fisik terlebih dahulu. Dan pihak HR juga tidak perlu menginput data cuti dan izin dari formulir ke program komputer. Seorang atasan atau pimpinan tidak perlu berada di kantor untuk memberikan persetujuan cuti dan izin, karena proses ini dapat dilakukan melalui aplikasi.

3. Ada beberapa perusahaan yang menerapkan shift kerja yang berbeda. Penggunaan aplikasi HR dapat mengakomodir situasi ini, sehingga HR tidak perlu mendata kehadiran karyawan secara manual.

4. Karyawan dapat mengajukan lembur secara langsung melalui aplikasi. Keseluruhan data tersebut kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk penggajian. Perusahaan akan menghemat waktu untuk menghitung biaya lembur karyawan, dan mengurangi human error.

Baca Juga  ;Budaya Kerja Buruk Yang Harus Dihindari Sebelum Melamar

5. Aplikasi HR yang baik pasti memiliki berbagai fitur yang dapat mempercepat dan memudahkan urusan penggajian pegawai beserta potongan iuran BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, dan PPh 21.

6. HR akan terbantu dengan adanya talent management untuk memantau ringkasan penting untuk mengetahui kinerja karyawan, melihat kelebihan karyawan, menemukan karyawan yang potensial untuk mengisi jabatan tertentu, serta melakukan manajemen KPI.

Keuntungan & Manfaat Penggunaan Software HRD
Ada beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam penggunaan software HR. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dapat meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. Software HR memang dirancang khusus untuk mempercepat berbagai macam proses administrasi dan pekerjaan HR. Selain itu, software ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas manajemen keuangan seperti payroll system.

2. Dapat mengurangi risiko terjadinya kesalahan. Terdapat banyak kepentingan HR yang berkaitan dengan regulasi pemerintah, sehingga kesalahan kecil sekalipun akan dapat mengakibatkan masalah hukum atau bahkan kerugian finansial bagi perusahaan. Agar masalah atau kesalahan tidak terjadi, menggunakan software HR merupakan salah satu pilihan terbaik. Karena hampir semua administrasi HR dapat dilakukan oleh sistem pada software tersebut.

3. Perusahaan dapat memanfaatkan fungsi dari software HR yang dilengkapi dengan program untuk mengawasi proses operasi perusahaan agar sesuai dengan peraturan tertentu. Penggunaan software ini akan memastikan perusahaan untuk mematuhi Undang-undang yang berlaku sehingga mampu menjaga reputasi perusahaan.

4. Untuk menganalisa performa dan metrik yang berkaitan dengan berbagai aspek yang mendukung pengambilan keputusan. Misalnya, HR bertanggung jawab untuk menganalisa biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk proses perekrutan atau perhitungan tingkat turnover perusahaan. Hasil perhitungan ini kemudian dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang penting serta pengembangan strategi untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan menggunakan software HR, divisi HR dapat mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam waktu secara lebih singkat.

Related posts